Dinas PUPR Grobogan Uji Lab Jalan Beton  Desa Toko

Toko- 27/07/2020. Core Drill adalah alat untuk mengambil sample Uji Lab kekuatan beton. Mulai Pada tahun Anggaran 2020 Dinas PUPR Kabupaten Grobogan melakukan uji lab pada beton Jalan yang dibiayai dari Dana Desa atau dari sumber dana lain.

Petugas Core Drill Dinas PUPR di dampingi TPK Desa Toko

Di Desa Toko ada 5  lokasi jalan beton yang akan diuji yaitu Jalan RT.04 /01, Jalan RT.05/01,dua titik Jalan RT.06/01,Jalan Line 1 RT.03/02 

Pada dasarnya uji lab beton ini untuk menentukan tepat atau tidak kekuatan beton sesuai spek yang telah ditentukan Dinas PUPR untuk jalan desa.

Dengan didampingi Bp.Kadus Supriyanto selaku Ketua TPK dan wakil Ketua TPK Bp.Kadus Sutoyo Tim Penguji Dinas PUPR melakukan Core Drill pada jalan tersebut di atas masing-masing di ambil 3 titik yaitu pada titik 0, titik 50 dan titik 100.

Setelah selesai hasilnya diuji kekuatannya dengan di tekan dengan mesin yang tentunya telah diatur kekuatan tekanan sesuai dengan spek kualitas beton.

Alhasil semua lolos uji kecuali beton jalan RT.05/01 pada titik 0. Menurut keterangan Bp.Kadus Sutoyo ” faktor yang mempengaruhi hancurnya beton karena campuran air saat pengecoran yang terlalu banyak yang menyebabkan beton jadi lembek”. Pada saat berita ini diturunkan belum diketahui apa yang harus dilakukan TPK untuk memperbaiki hal ini, menunggu intruksi dari Dinas PUPR

Author: Ashraf Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *