Akhir Bulan Ruwah

Bulan Sya’ban atau orang Jawa menyebut Ruwah adalah bulan ke 8 dalam hitungan bulan Hijriyah. di bulan ini umumnya umat islam di tanah Jawa banyak yang meyakini kalau bulan ini bulan arwah artinya dibulan ini Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menurunkan anugrahnya kepada umat manusia dengan di lipat gandakan pahala kebaikan sampai 700 kali lipat dan pada bulan ini juga diyakini dibukanya rahmat dan ampunan tak terkecuali untuk para ahli kubur. oleh karenanya dibulan ini banyak kelompok masyarakat menyelenggarakan arwah jamak atau kirim doa kepada ahli kubur bersama-sama.

Di Desa Toko sendiri ada Tiga tempat penyelenggaraan Arwah jamak tersebut yaitu di Dukuh Lor,Dukuh Toko dan dukuh Kidul,yang mana dilaksanakan oleh Takmir masjid sebagai Panitia Penyelenggara.Dan diwilayah Dukuh Lor,Paras dan karang Nongko di adakan oleh Takmir Masjid Darul Istiqomah Dukuh Lor.Pada penyelenggaraan tahun ini ada sedikit perubahan acara yaitu yang biasanya bertempat di Masjid Darul Istiqomah dan setelah tahtiman Alquran acara selesai, sekarang mulai tahun ini ditempatkan bergulir ke Mushola-mushola.Dan pada periode pertama ditempatkan di Mushola Arrahman RT.05 rw.01. acara diadakan menurut kesepakatan pada hari kamis 02 Mei 2019 dimulai setelah subuh dengan Pembacaan Nama Arwah masyarakat yang di kirim doa dan setelah itu dilanjut Tahtimul quran yang dibacakan Ust.Mukromin alhafidz dari Pengkol. Tahtiman Quran selesai Waktu dhuhur menjelang dan acara dilanjut malam harinya dengan Pengajian.

Antusias yang besar dari masyarakat untuk menghadiri pengajian tersebut. Pengajian dimulai Pukul 20.00 WIB dengan Pembacaan Lantunan Sholawat oleh Remaja Masjid darul Istiqomah.

Remaja Masjid Bersholawat
Jamaah Laki-laki
Jamaah wanita
Bapak Edy Riyanto Memberi sambutan sebagai kepala Desa

Acara dilanjut dengan Pembacaan Ayat Suci Alquran dilanjut Tahlil dan sambutan

Author: Ashraf Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *