Pelatihan Operator SID

Mengacu pada Pasal 86 UU Desa, Sistem Informasi Desa dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Pendekatan dalam skala yang lebih kecil ini dibandingkan dengan nasional– bertujuan untuk memperkecil hilangnya kewenangan lokal berskala desa akibat penyeragaman di tingkat nasional. Tujuan dari pengaturan skala kewajiban penyediaan Sistem Informasi Desa dalam lingkup Kabupaten juga bertujuan untuk menjaga prinsip rekognisi dan subsidiaritas yang menjadi prinsip UU Desa.

Pemerintah Daerah (Kabupaten/Kota) berkewajiban untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Kawasan (pasal 86 ayat 3). Kewajiban ini melekat pada Kabupaten/Kota, bukan pada pemerintah di tingkat nasional (pusat). Sistem informasi desa juga mengandung maksud bukan sebatas aplikasi, melainkan perangkat keras, perangkat lunak (aplikasi), jaringan dan sumber daya manusia. Sistem informasi desa mengandaikan adanya bisnis proses yang jelas, tanpa mengenyampingkan jenis-jenis data dan informasi yang bersifat atau mengandung kewenangan lokal berskala desa. Penegasan pentingnya sumber daya manusia sebagai bagian dari Sistem Informasi Desa menunjukkan kewajiban pada pihak Kabupaten/Kota untuk memberikan pendampingan dan penguatan atas tata kelola informasi dan data pembangunan di tingkat desa.

Sistem informasi desa mengandung data desa, data pembangunan desa, kawasan desa dan informasi lain yang berkaitan dengan pembangunan desa. Informasi berkaitan dengan pembangunan kawasan perdesaan juga wajib disediakan oleh pemerintah di tingkat Kabupaten/Kota. Informasi-informasi ini dibuka menjadi data atau informasi publik yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Dan untuk mewujudkan SID tersebut Kabupaten Grobogan melalui Dinas Informasi dan komunikasi melakukan Pelatihan untuk Operator SID Desa se Kabupaten Grobogan.dan pada hari ini Kamis 11/10/2018 Operator dari Desa 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Penawangan, Kecamatan karangrayung dan kecamatan Geyer mendapatkan pelatihan di gedung Setda yang di dihadiri kurang lebih 30 Desa dari 52 Desa yang dijadwalkan.

Pada pertemuan hari ini di Prioritaskan pada pengenalan program SID dan cara mengolah menu-menunya.dan dijadwalkan pertemuan kedua tanggal 24 Oktober 2018

Author: Ashraf Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *